Jenis Solenoid Valve

Solenoid Valve merupakan suatu valve/kran/katup yang bekerja secara otomatis berdasarkan perintah dari controller. Pergerakan kran solenoid valve hanya ada 2 yaitu membuka 100% atau menutup 100%.

Dalam sistem kontrol ada 3 buah komponen yang saling bersinergi satu dengan yang lainnya,

  1. Sensor yang merupakan elemen pengukur variabel misalnya temperatur, tekanan (pressure)  dan lain sebagainya
  2. Controller yang merupakan otak dari sistem kontrol dimana bagian ini yang menentukan tindakan apa yang harus dilakukan oleh control valve
  3. Control Valve yang merupakan bagian untuk melakukan tindakan supaya memcapai nilai setting yang ditentukan oleh controller.

Solenoid Valve bisa dikategorikan sebagai Control Valve dengan sistem ON-OFF bukan modulating (linier) action. Beda kedua sistem ini adalah dari output yang dihasilkan. Solenoid valve akan menghasilkan range ouput yang besar  dengan kualitas parameter yang sangat tidak stabil. Misalkan kalau kita setting temperatur 100 degC maka ouput temperatur nya bisa jadi range nya antara 90 – 110 degC seperti gambar dibawah ini

 

Offset dari sistem On-OffON-OFF RESPONSE

Solenoid Valve bisa dibagi menjadi beberapa bagian berikut.

  1. Berdasarkan tipe bukaan valve ada Solenoid Valve Normally Closed (NC) dan Normally Open (NO). Solenoid Valve sistem NC adalah pada saat tidak ada tenaga penggerak posisi valve akan menutup sedangkan Solenoid Valve NO adalah kebalikannya dimana pada saat tidak ada tenaga penggerak posisi valve adalah membuka.
  2. Berdasarkan tenaga penggerak ada Electric Solenoid Valve dimana tenaga penggeraknya adalah listrik dan Pneumatic Solenoid Valve dimana tenaga penggeraknya adalah angin.

Leave a Reply

CV. PRIMA UTAMA © 2013 Frontier Theme